Friday, October 23, 2009

Jenis-jenis Blogger

Salam. Ketemu kembali selepas baru beberapa minit aku post entri baru tadi hahahaaa. Kebiasaannya aku tak buat macam nih tapi tiba-tiba terjumpa info yang berguna ni dan info yang aku pernah nak cari dulu tapi terlupa haha. Info ni aku edit-edit dan tambah-tambah skit mana2 yang patut, entri terbaru ni adalah mengenai blogger. So, tanpa buang masa lagi aku nak korang semua baca.Silakanlah jangan malu-malu!!


A blogger is person who writes a blog (or weblog). Bloggers are not a homogenous group. They have a variety of personal and professional motivations for blogging and they come from a variety of political, economic and social backgrounds. One way of segmenting bloggers is by their blog type:[1]

  • Personal: blog about topics of personal interest not associated with work
  • Professional: blog about industry and profession topics but not in an official capacity for a company
  • Corporate: blog for a company in an official capacity

Blogging is not a full-time job for most bloggers, nor is it their main source of income.[2] A blogger can also be a doctor, a mechanic, a lawyer or a musician, and thus bloggers typically maintain a variety of professions for which the act of blogging is their communicative outlet with the public.


(Sumber : Wikipedia)

Jenis-jenis Blogger

SEPERTI halnya ada banyak karakter manusia di bawah jagat atmosfer, demikian pula halnya dengan Blogger di ranah blogosfer. Dengan semangat "sebagai Blogger kita pun harus berani menertawakan diri sendiri", saya mencoba mengidentifikasi dan mengklasifikasikan 12 jenis makhluk yang dinamakan Blogger. Setiap Blogger bisa saja memiliki salah satu karakter ini atau memiliki dua atau tiga kombinasi di antaranya.

  • Blogger Selebritas: Ini adalah jenis Blogger yang sangat terpesona dengan popularitas. Ia menginginkan semua orang mendukung, memuji dan memujanya. Jelas ia tak mau ada orang yang mau mengutak-atik singgasananya. Ia tak begitu peduli pada kualitas posting, tapi yang penting eksistensinya tetap ada dan dirasakan.
  • Blogger Hiperaktif: Inilah Blogger yang memiliki stamina yang prima. Ia sanggup mengirim puluhan posting setiap hari — tak peduli posting tematik atau sekadar rangkuman quick links — untuk sekian buah Blog yang dimilikinya. Sepertinya waktu 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu belum cukup baginya.
  • Blogger Peneliti: Blogger yang satu ini memiliki dedikasi yang tinggi pada dunia penelitian dan pengetahuan. Ia rajin memposting pengetahuan, data dan fakta yang berguna di blognya. Setiap postingnya diperkuat dengan link-link yang tepat dan akurat.
  • Blogger Pendidik: Inilah Blogger yang lebih memposisikan diri sebagai pendidik atau guru. Ia sering memposting isu-isu dengan sudut pandang edukatif dan didaktif. Tidak begitu banyak frekuensi postingnya, tapi selalu menarik dan bermanfaat begitu ia memperbarui blognya.
  • Blogger Pesolek: Blogger yang satu ini gemar bersolek — dalam arti sering mempercantik tampilan desain Blognya. Ia sangat memperhatikan kualitas logotype, tipografi dan sensasi grafis Blognya. Blog itu indah, begitu mungkin prinsipnya, jadi kenapa harus dibuat gundah?
  • Blogger Gaul: Namanya Blogger gaul, Blogger yang satu ini memang gemar bergaul. Ia rajin menyambangi Blog-blog lain — apakah Blog yang sudah lama ataupun baru — memberikan komentar atau tanggapan. Kompensasinya, Blogger yang sudah dikunjunginya itu akan balik bersilaturahmi ke Blog dia. Semacam arisan juga, kan?
  • Blogger Narsis: Inilah Blogger yang sangat individual-sentris. Tak peduli apa yang sedang terjadi di dunia, yang jelas, ia hanya sibuk dengan posting tentang dirinya sendiri: berisi agendanya sehari-hari hingga sepekan mendatang. Sering memajang foto sendiri ataupun barang-barang pribadi lainnya. Jadi kalau ingin berkenalan dengannya, Anda tak perlu ketemu, cukup baca Blognya — dijamin akan mengenalnya dari A-Z!
  • Blogger Entrepreneur: Jiwa bisnis Blogger jenis ini luar biasa. Ia pintar memilih tema untuk sejumlah Blognya, dan menempatkan sejumlah banner iklan dari penyedia online advertising kelas dunia di Blognya. Jelas dia sangat akrab dengan istilah AdSense, Chitika, AdBrite, BlogAds, Amazon, dan lain sebagainya. Akumulasi klik dari pengunjung pada banner atau link advertorial ini jelas akan membuat dompetnya jadi tebal.
  • Blogger Profesional: Ini memang Blog sudah menjadi pekerjaannya sehari-hari. Full-time. Artinya, ia tidak hanya memiliki jiwa enterpreunerentrepreneur, tetapi juga mampu melakukannya dengan sangat profesional, memodalin dan mengelolanya dengan baik. Ia juga memiliki kemampuan manajerial dan penataan keuangan yang baik.
  • Blogger Amatir: Inilah Blogger yang setengah hati. Sekali waktu, ia rajin mengirim posting, kemudian menghilang satu-dua bulan, kemudian ia menggebrak lagi dengan posting-postingnya. Boleh jadi ia sudah lupa dengan username dan password admin Blognya, atau lupa URL Blognya sendiri.
  • Blogger Introvert: Inilah Blogger yang "tidak niat". Ia menutup ruang komentar untuk setiap postingnya, tak mengungkapkan sama sekali jati-dirinya. Meskipun begitu, ia rajin posting. Boleh jadi waktu mau buka Internet dia lirik kanan-kiri dulu agar tidak ketahuan orang. Tapi masih syukur ia hanya menutup ruang komentar di Blognya, dan bukan menutup Blognya!
  • Blogger Filosof: Ini memang filosof abis. Hampir semua postingnya berisi pemikiran-pemikiran filosofis. Apapun isu atau topik yang sedang, bisa ia lihat dari kacamata filsafat. Meski harus mengernyitkan alis untuk membacanya, tapi sesungguhnya posting-postingnya sangat mendalam, menikam dan mencekam.

Pelbagai jenis blogger yang ada kan?
Ini menunjukkan wujudnya banyak blog/blogger (maksud saya terlalu banyak2 blog) tak kisahlah di dunia mahupun di Malaysia, memang terlalu ramai blogger dan secara tak langsung menunjukkan semakin ramai orang yang ingin menyuarakan pendapat dan pandangan peribadi masing2. Blog adalah salah satu medium untuk bersuara dengan bebasnya dan ianya adalah salah satu bentuk media elektronik zaman sekarang ini, Tapi kebebasan bersuara pun ada batas-batasnya, bersuara tu biarlah tak melanggar etika menulis blog. Dahla sekarang banyak kes-kes saman fitnah melalui blog, dan segala penulisan yang diletakkan dalam blog kita dapat direkodkan dan dijadikan bahan bukti yang kukuh di mahkamah. Jadi berhati-hatilah semua blogger okay?

Kebebasan bersuara sangat berkait rapat dgn industri media kat negara kita. Tapi hak itu tak boleh dijadikan alasan atau lesen besar utk merosakkan reputasi / harga diri seseorang / menghina kepercayaan dan agama lain termasuk agama Islam.

Kebebasan bersuara sememangnya adalah hak asasi setiap individu tapi ia bukanlah sesuatu yang mutlak atau boleh dilakukan tanpa kawalan di mana hak menyampaikan suatu pandangan & kritikan tak boleh digunakan sebagai alasan untuk menjatuhkan maruah seseorang, menabur fitnah atau mencemar simbol keagamaan orang lain.

Setiap negara termasuk Malaysia memerlukan undang-undang sebagai landasan untuk melindungi dan membela rakyatnya daripada sebarang dakwaan berunsur fitnah, penghinaan, tuduhan dan mempertahankan institusi terasnya daripada kenyataan berbentuk hasutan.

Jadi, anda semua terdiri daripada jenis blogger yang mana satu?? Tidak kisahla kan yang mana satu asalkan apa yang anda tuliskan itu ada diselitkan juga info2 yang berguna dan tidak melanggar undang-undang. Ingat!! apa yang kita tulis semuanya dipantau dari semasa ke semasa. Walaupun kita mempunyai hak untuk bersuara tetapi jangan lupa hak kita itupun ada HADnya. Bersuaralah mengikut etika yang betul.

Sincerely,
Asrafmahmud,
Keramat, Malaysia.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails